FDKB JAGA MARWAH KESULTHANAN BANTEN

Category: Artikel, Berita 77 0

FDKB JAGA MARWAH KESULTHANAN BANTEN

FB_IMG_1561965956000


 

Pada hari ahad kemarin 30 Juni 2019 Forum Dzurriyat Kesultanan Banten (FDKB) menggelar acara Halal Bil Halal Silaturahim Kekerabatan bertempat Di Restoran Bintang Laguna Cilegon. turut hadir dalam acara itu Ketua Lembaga Pemangku Adat Kesulthanan Banten H, Tubagus A. Abbas Wasee, SH beserta keluarga dan para dzurriyat Kesulthanan Banten lainnya dari berbagai kota dan kabupaten DiProvinsi Banten. Pada pertemuan tersebut FDKB bertekad akan terus menjaga marwah Kesulthanan Banten. Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pemangku Adat Kesulthanan Banten (LPAKB) H. Tubagus A. Abbas Wasee, SH saat menghadiri silaturahmi kekerabatan yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FDKB Provinsi Banten di Ruang Topaz, Restoran Bintang Laguna Cilegon.

WhatsApp Image 2019-06-29 at 15.52.56

Sebagaimana dikutip dalam laman bantenraya.com H, Tubagus A. Abbas Wasee, SH Ketua Lembaga Pemangku Adat dan juga sebagai Ketua Dewan Pembina dari FDKB menyampaikan “FDKB hadir sekitar 10 tahun lalu yang berada dibawah naungan LPAKB sama seperti organisasi adat dan budaya kebantenan lainnya. Tujuannya sudah pasti menjaga marwah kesultanan Banten melalui para Dzurriyat Kesulthanan Banten.

WhatsApp Image 2019-06-30 at 12.34.39

Salah satu contoh, lanjut Abbas, beberapa waktu lalu ada kasus gugatan yang dilayangkan FDKB terkait pengakuan seseorang sebagai Sultan Banten ke 18.”Nah pada kasus itu kami menguji keabsahan orang yang mengaku Sultan Banten melalui lembaga peradilan. Dan ternyata mulai dari tingkat pengadilan agama hingga pengadilan tinggi menyatakan gelar yang disandangnya tidak sah dan memutuskan mencabut gelar Sultan Banten ke 18 yang diakuinya,” ujarnya.

Selain menjaga marwah kesultanan, Abbas mengklaim FDKB sebagai organisasi yang mampu menjadi warna tersendiri bagi kemajuan Banten.”Kami harus memiliki peran bagi perkembangan dan kemajuan Banten. Untuk itulah saat pembentukan Provinsi Banten, para dzurriyat termasuk saya turun tangan langsung dalam mewujudkannya,” tuturĀ  pria yang juga merupakan keturunan Sultan Banten ke 12 ini.

Abbas berharap, para dzurriyat mampu ikut serta mewujudkan pembangunan Banten yang lebih baik melalui perannya masing-masing di berbagai bidang.”Banyak para dzurriyat yang terlibat di dalam pemerintahan baik sebagai pegawai negeri, di kepolisian dan lain sebagainya. Nah di situlah mereka harus menunjukkan bahwa para dzurriyat mampu melakukan yang terbaik untuk Banten saat ini,” ucapnya.

wajah baru banten

Terkait kebangkitan Kesultanan Banten, Abbas menyatakan bahwa kebangkitan Kesultanan Banten saat ini hanya sebatas simbol budaya saja. “Tugas utama FDKB dalam membangkitkan kesultanan saat ini menjaga warisan budaya dan adat sebagai bukti kejayaan keraton kesultanan di masanya sehingga mampu menjadi kebanggaan masyarakat khususnya bagi para dzurriyat Kesultanan Banten. Untuk itulah, kami meminta dan terus mendorong agar pemerintah mau merevitalisasi wilayah Keraton Kesultanan Banten menjadi lebih baik. Alhamdulillah saat ini sudah ada wujud pelaksanaannya,” jelasnya.

WhatsApp Image 2019-06-30 at 12.34.38

Sementara itu, Ketua DPW FDKB Banten Tubagus Alam Nirmala menambahkan, saat ini peran dzurriyat dalam membangun dan mewujudkan Banten yang lebih baik memang terus digalakkan melalui berbagai program yang disusun yaitu program pendirian koperasi dan membangun komunikasi dengan pihak industri.

“Kami ingin mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi dan peran industri. Nanti kedepan kami akan medorong industri untuk lebih giat lagi menyalurkan program kepedulian sosialnya kepada masyarakat,” ujarnya.

IMG-20190123-WA0071

IMG-20190123-WA0055

Sampai saat ini, Tb. Alam menyampaikan, FDKB sudah melakukan berbagai kegiatan sosial dalam upaya membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.”Banyak yang sudah kami lakukan. Memberikan bantuan-bantuan dan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui berbagai macam kreatifitas usaha,” ucapnya.

 

 

Related Articles

Add Comment