PANCASILA BAGI DZURRIYAT KESULTHANAN BANTEN

Category: Artikel, Berita 17 0

PANCASILA BAGI DZURRIYAT KESULTHANAN BANTEN

Terpatri dalam ingatan terwujud dalam perbuatan, inilah jati diri bangsa Indonesia. 5 hal dasar yang menjadi dasar negara Indonesia. Tanggal 1 Juni adalah hari bersejarah bagi perjuangan berdirinya negara Indonesia karena pada tanggal 1 Juni 1945 dalam rapat Persiapan Kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno berpidato tentang rumusan 5 asas dasar dari negara Indonesia (Pancasila) dan disambut gegap gempita oleh seluruh hadirin.

Pancasila :

  1. Ketuhanan yang maha esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

5 Dasar yang ada dalam Pancasila begitu mewakili jati diri rakyat Indonesia yang memiliki keragaman dalam agama, adat budaya, Bahasa. dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote adalah keberagaman, namun semuanya bersatu membentuk Indonesia, inilah Bhinneka Tunggal Ika.

ketum3

H. Tubagus Imamudin, S.Pdi Ketua Umum Forum Dzurriyat Kesulthanan Banten (FDKB) mengatakan dalam pesan singkatnya bahwa Pancasila adalah rumusan dasar bernegara yg di hasilkan oleh the founding father bangsa ini yg diantaranya para ‘alim ulama saat itu yg sdh masyhur‚Ķ dan kita sebagai anak bangsa generasi penerus sudah selayaknya tinggal meneruskan pondasi yg sudah di tanam oleh pendahulu kita dalam 4 pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI. Semoga tatanan yg ada sebagai wujud persatuan dan kesatuan anak bangsa ini tidak di rusak oleh kelompok yg tdk faham arti nasionalisme.

Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945 – 1 Juni 2019 semoga dengan semangat perjuangan nilai nilai luhur Pancasila kita sebagai warga negara semakin hidup rukun dan bergotong royong membangun dan memajukan Indonesia.

Related Articles

Add Comment